Langsung ke konten utama

Etika Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi

 

Pengertian Etika dalam Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Pengertian Etika Dalam penggunaan TIK

        Etika (ethiq) bermakna sekumpulan azas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, tata cara (adat, sopan santun) nilai mengenai benar dan salah tentang hak dan kewajiban yang dianut oleh suatu golongan atau masyarakat. Sedangkan TIK dalam konteks yang lebih luas, mencakup semua aspek yang berhubungan dengan mesin (komputer dan telekomunikasi dan teknik yang digunakan untuk menangkap (mengumpul), menyimpan, memanipulasi, menghantar dan menampilkan suatu bentuk informasi.

Untuk menerapkan etika TIK, maka diperlukan terlebih dahulu mengenal dan memaknai prinsip yang terkandung di dalam TIK diantaranya adalah: 

1. Tujuan teknologi informasi : memberikan bantuan kepada manusia untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan kreativitas, untuk membuat manusia lebih bermakna jika tanpa menggunakan teknologi informasi dalam aktivitasnya. 

2. Prinsip High-tech-high-touch lebih banyak bergantung kepada teknologi tercanggih, lebih penting kita menimbangkan aspek “high touch” yaitu “manusia”.

3. Menyesuaikan teknologi informasi dengan kebutuhan manusia. Jadi, bisa dikatakan Etika dalam Penggunaan ICT adalah perbuatan manusia yang dipandang berprilaku nilai baik dalam penggunaan informatioan, communication and technology atau istilah Bahasa Indonesia Teknlogi Informasi dan Komunikasi. 

B. Etika Dalam Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi 

Berikut hal-hal yang harus kita terapkan dalam menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi:

1. Menggunakan TIK untuk hal yang bermanfaat.

2. Tidak membajak,menyalin,atau menggandakan tanpa seizin pemilik hak paten.

3. Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain. 

4. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan. 

5. Tidak memasukan dan menyebarkan hal-hal yang bersifat pornografi, kekerasan dan merugikan orang lain.

C. Jenis Pelanggaran Etika Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi

1. Hacker dan Cracker

Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama. Sedangkan Cracker adalah sisi gelap dari hacker dan memiliki ketertarikan untuk mencuri informasi , melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga mekumpuhkan seluruh sistem komputer. Penggolongan Hacker dan Cracker. 

- Recreational Hackers, kejahatan yang dilakukan oleh netter tingkat pemula untuk sekedar mencoba kekurang handalan system sekuritas suatu perusahaan. 

- Crackers/Criminal Minded hackers, pelaku memiliki motifasi untuk mendapat keuntungan financial, sabotase dan pengrusakan data, type kejahatan ini dapat dilakukan dengan banyak orang dalam. 

- Political Hackers, aktifis politis (hactivist) melakukan pengrusakan terhadap ratusan situs web untuk mengkampanyekan programnya, bahkan tidak jarang dipergunakan untuk menempelkan pesan untuk mendiskreditkan lawannya.


2. Denial of Service Attack (DoS Attack)

Denial of Service Attack adalah suatu usaha untuk membuat suatu sumber daya komputer yang ada tidak bisa digunakan oleh para pemakai. Denial of Service Attack ditandai oleh suatu usaha eksplisit dengan penyerang untuk mencegah para pemakai memberi bantuan dari penggunaan jasa tersebut. Denial of Service Attack mempunyai dua format umum:

 - Memaksa komputer korban untuk mereset atau korban tidak bisa lagi menggunakan perangkat komputernya seperti yang diharapkannya.
 - Menghalangi media komunikasi antara para pemakai dan korba sehingga mereka tidak bisa lagi berkomunikasi.

3. Pelanggaran Piracy

Piracy adalah pembajakan perangkat lunak (software). Undang undang yang melindungi HAKI : UU no 19 tahun 2002. Bentuk pembajakan perangkat lunak:

- Memasukan perangkat lunak illegal ke harddisk.
- Softlifting, pemakaian lisensi melebihi kapasitas 
- Penjualan CDROM illegal 
- Penyewaan perangkat lunak illegal 
- Download illegal

4. Fraud 

Merupakan kejahatan manipulasi informasi dengan tujuan mengeruk keuntungan yang sebesar besarnya. Biasanya kejahatan yang dilakukan adalah memanipulasi informasi keuangan. Contoh adanya situs lelang fiktif yang melibatkan berbagai macam aktifitas yang berkaitan dengan kartu kredit. 

5. Mobile gambling

Merupakan perjudian dengan menggunakan wireless device, seperti PDAs, Wireless tabled PCs, berapa casino online dan poker online menawarkan pilihan mobile. GPRS,GSM data, UMTS, I-Mode adalah semua teknologi lapisan data atas nama perjudian gesit tergantung. Jenis perjudian di Indonesia yaitu SDSB.com, jenis perjudian olah raga terlengkap di Indonesia dan Asia Tenggara.

D. Contoh pelanggaran dan penjelasannya

1. Pembajakan Software

Pernahkah sobat ditawari jasa instalasi Windows dengan harga yang sangat murah? Rp. 50 ribu misalnya. Padahal harga lisesnsi dari sistem operasi Windows sendiri harganya jutaan. Ini adalah salah satu pekerjaan di bidang IT yang tidak beretika sama sekali. Sebagai pengguna kita tidak sadar kalau Aplikasi dan program yang kita gunakan sehari-hari dibuat dengan keringat dan kerja keras. Meskipun sistem operasi dan aplikasi yang kita gunakan adalah original, namun jika didapat secara gratis tanpa membeli lisensi termasuk kedalam kategori pembajakan.

(source : https://www.pramudito.com/pelanggaran-etika-dalam-teknologi-informasi-komputer.html)

2. Penipuan Online

Menipu secara online juga sering terjadi belakangan ini. Banyak sekali iklan-iklan di internet yang ujung-ujungnya mengarahkan ke tindakan penipuan. Penipuan online juga termasuk tindakan yang tidak beretika di bidang teknologi sekarang ini, apalagi jangkauan publik yang menjadi lebih luas jangkauannya karena semua yang saling terhubung.

(source : https://www.pramudito.com/pelanggaran-etika-dalam-teknologi-informasi-komputer.html)

3. Pembajakan Akun

Beberapa hari belakangan ramai terjadi pembajakan akun yang menyebabkan pemilik akun kehilangan akses terhadap social media mereka. Pembajakan akun dapat terjadi ketika pengguna menggunakan password yang lemah serta tidak menggunakan verifikasi 2 langkah seperti yang direkomendasikan situs-situs besar layaknya Google dan Facebook. Akun yang dibajak dapat disalahgunakan oleh pihak lain misalnya mempromosikan konten yang tidak diinginkan secara terus menerus.

(source : https://www.pramudito.com/pelanggaran-etika-dalam-teknologi-informasi-komputer.html)

4. Pembobolan Wifi

Bagi para wifi hunter, menjalankan aksi membobol wifi orang lain adalah menyalahi kode etik. Pemilik koneksi internet asli akan dirugikan karena kuota data yang diambil secara diam-diam. Meskipun pemilik menggunakan paket data tanpa batas, namun kecepatan akan berkurang jika digunakan oleh wifi hunter yang menjalankan kegiatan download seperti yang diketahui selama ini.

(source : https://www.pramudito.com/pelanggaran-etika-dalam-teknologi-informasi-komputer.html)

5. Cracking

Software cracking (dikenal sebagai “breaking” pada tahun 1980an) adalah modifikasi perangkat lunak untuk menghilangkan atau menonaktifkan fitur yang dianggap tidak diinginkan oleh orang yang memecahkan perangkat lunak, terutama fitur perlindungan salinan (termasuk perlindungan terhadap manipulasi perangkat lunak, serial number, key hardware, cek tanggal dan cek disk) atau gangguan perangkat lunak seperti layar acak dan adware .

Cracking mengacu pada cara untuk mencapai pemecahan perangkat lunak, misalnya serial number yang dicuri ataupun tools yang digunakan melakukan tindakan crack tersebut. Beberapa tools ini disebut keygen,patch, atau loader . Keygen adalah generator serial number produk buatan tangan yang sering menawarkan kemampuan untuk menghasilkan serial number atas nama sendiri. Patch adalah program komputer kecil yang memodifikasi kode mesin program lain.

(source : https://www.pramudito.com/pelanggaran-etika-dalam-teknologi-informasi-komputer.html)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi

  PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . Contoh - contoh aplikasi pemograman web :  1. Notepad ++  Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode su

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010 Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu: Packard Bell iXtre 0i me 414    salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s