Langsung ke konten utama

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010


Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini.


Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010


Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu:


Packard Bell iXtre0ime 414

 3

 salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.


Ciri-ciri dari teknologi komputer pada generasi ke 5 ini adalah:

1. Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor

2. Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.

3. Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih..

4. Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana.


Ipad



Pada 2010 IPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop).


2

mempunyai dua layar dengan desain mirip buku, pendesain lebih suka jika model ini disebut dengan Digital Book. Prototipe dari XO-2 dan One Laptop Per Child (OLPC).


TriBook 

1


dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21’ lebar layar. Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad.


Perkembangan teknologi komputer tahun 2010 sudah memasuki perkembangan pada generasi ke-5. Generasi ini dimulai sejak tahun 1980 hingga sekarang. Perkembangan yang terjadi saat generasi ke 5 ini muncul sangat pesat. teknologinya pun semakin canggih. Dimulai dari tanggal 12 agustus 1981 yang di cap sebagai standar komputer PC. Lalu dilanjutkan dengan perkembangan yang dilakukan oleh Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates dan pengembangan yang dinamakan Josephson Junction yang dapat menerjemahkan Bahasa manusia. Dilanjutkan dengan pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Ciri dari generasi ke-5 ini yaitu mengguakan LSI (Large Scale Integration, peningkatan askses data, memiliki fungsi yang lebih cerdas, dan fisik yang lebih kecil juga sederhana.

Dosen pengampu : Vito Triantori, M.KOM

Sumber :

https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/5e9a4c3a63f7e/10-tren-teknologi-2020-kecerdasan-buatan-dan-5g-berkembang-pesat

https://phintraco.com/7-tren-teknologi-di-tahun-2019/

https://merahputih.com/post/read/inilah-5-tren-teknologi-tahun-2018-nomor-4-mungkin-kamu-belum-tahu

https://apkomindo.info/tren-teknologi-informasi-di-tahun-2017/

https://pakarkomunikasi.com/peralatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150101072156-185-21757/teknologi-yang-mengubah-hidup-di-tahun-2015

https://www.pcplus.co.id/2014/12/teknologi-keren-yang-hadir-sepanjang-2014/

http://mxkomputerjogja.com/tren-teknologi-2013/

https://marketeers.com/lima-tren-teknologi-tahun-2012/

https://tsaninisablog.wordpress.com/2017/02/20/perkembangan-teknologi-komputer-sejak-tahun-2010-sampai-sekarang/

https://sabilabella.wordpress.com/2017/02/18/perkembangan-teknologi-komputer-tahun-2010/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi

  PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . Contoh - contoh aplikasi pemograman web :  1. Notepad ++  Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode su

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s