Langsung ke konten utama

Database : Pengertian,fungsi,contoh aplikasi

 Pengertian-Database

Pengertian Database

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Database ( basis data ) atau dengan sebutan pangkalan data ialah suatu kumpulan sebuah informasi yang disimpan didalam sebuah perangkat komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa dengan menggunakan suatu program komputer agar dapat informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data disebut dengan system manajemen basis data ( database management system, DBMS ) dalam system basis data dapat dipelajari dalam ilmu informasi.

Basis data istilah ini berawal dari ilmu computer, walaupun kemudian artinya semakin luas memasukkan hal-hal diluar bidang elektronika. Untuk kesamaan pada basis data ini sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yakni dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.


Fungsi Database

Diperlukan suatu sistem untuk diintegrasikan data file kedalam suatu file sehingga bisa melayani user yang berbeda. perangkat keras dan lumak serta prisedur  yang  mengelola data base manajemen sistem.

  1. Menyediakan sistem akses cepat.
  2. Mengurangi kerangkapan data dan redudancy data.
  3. Memungkan adanya updating secara bersana.
  4. Menyediakan sistem yang memungkinkan dilakukan pengembangan database.
  5. Memberikan perlindungan dari pihak pemakai tidak berhak.
Contoh - Contoh Aplikasi database : 

1. MySQL
membuat aplikasi android dengan database mysql

MySQL merupakan sebuah software pembuat database yang bersifat open source dan dapat berjalan baik pada platform Windows dan Linux.

MySQL juga dapat digunakan untuk aplikasi multi-user karena bersifat network.

Software database ini didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL. Yang mana setiap orang bebas untuk menggunakan, namun tidak boleh menjadikan produk turunan karena bersifat komersial.

 
Tidak hanya itu, MySQL juga memiliki kelebihan lainnya seperti:

  • Merupakan Database Management System (DBMS) yang gratis.
  • Cocok digunakan perusahaan dengan skala kecil.
  • MySQL tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.
  • Cepat dalam menjalankan perintah SQL (Structured Query Language).
  • Memiliki ragam tipe data, seperti signed/unsigned integer, float, double, char, text, timestamp, dan lainnya.
  • Mampu melakukan koneksi dengan computer client menggunakan TCP/IP, Unix Socket (UNIX) atau Named Pipes (windows NT).
  • Memiliki interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan fungsi API.
  • Structure table pada MySQL terbilang fleksibel dalam menangani ALTER TABLE.
  • Command and function pada MySQL memiliki fungsi dan operator secara penuh dan mendukung perintah select dan where dalam query.

Namun, aplikasi ini juga memiliki kekurangan berupa:

  • Tidak cocok digunakan untuk menangani data dalam jumlah besar, baik dari segi pemrosesan data maupun penyimpanan.
  • Memiliki batas maksimal kinerja pada server.
2. Microsoft SQL Server
aplikasi database terbaik 2019
Aplikasi database bernama Microsoft SQL SERVER atau MSSQL merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak microsoft. Aplikasi ini bersifat komersial dan terbatas penggunanya.

Adapun kelebihan dari Microsoft SQL Server yaitu:

  • Cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala kecil maupun besar untuk mengelola data dalam jumlah besar.
  • Sangat mudah dalam melakukan koneksi dengan computer client pada pembangunan suatu program aplikasi.
  • Memiliki kemampuan untuk management user.
  • Kemampuan untuk back-up data, rollback, dan recovery data.
  • Memiliki kemampuan dalam membuat databse mirroring dan clustering.
  • Memiliki tingkat keamanan data yang baik.
Tetapi, SQL server juga memiliki kekurangan berupa:

  • Tidak mendukung multi paltform, hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows.
  • Harga yang ditawarkan terbilang mahal.
  • Tidak memiliki kemampuan Technology Cluster Server.
3. Oracle
Oracle
Oracle dikembangkan oleh Oracle Corporation dan memiliki beberapa varian produk. Umumnya, database yang satu ini digunakan oleh perusahaan besar karena harganya yang terbilang mahal.

Walaupun terbilang mahal, Oracle sudah pasti dapat diandalkan. Hal ini berkat keunggulannya seperti:

  • Reliability > Kemampuan melindungi data dari kerusakan apabila terjadi kegagalan pada sistem.
  • Scalability > Kemampuan dalam menangani banyak user yang melakukan koneksi secara beramaan tanpa menurunkan performa.
  • Availability > Dapat menangani crash atau failure supaya service tetap dapat berjalan.
  • Stability > Kemampuan untuk menangani crash yang disebabkan beban load yang tinggi.
  • Serviceability > Mendeteksi masalah, kecepatan, mengoreksi kesalahan, dan dapat melakukan konfigurasi ulang struktur data.
  • Dapat digunakan pada platform Windows, Unix, Linux, dan Solaris (multipatform).
  • Sistem keamanan yang hebat.
  • Mendukung data yang besar.
  • Memungkinkan menampung hampir semua tipe data, seperti text, sound, video, image, dan time series.
  • Dari keunggulannya seperti di atas, tidak menutup kemungkinan bahwa Oracle juga memiliki
kekurangan. Adapun kekurangannya yaitu:
  • Terbilang mahal, paling rumit, dan sulit untuk dipelajari.
  • Dibutuhkan spesifikasi tinggi untuk dapat menjalankannya secara stabil.
4. PHPMyAdmin
kb.qwords.com
Aplikasi basis data terakhir yang direkomendasikan ialah PHPMyAdmin. Bagi para developer web, aplikasi atau software ini tentu sudah tidak asing lagi.

Kebanyakan dari mereka yang membutuhkan software pengatur database pasti memilih aplikasi ini. aplikasi yang bisa digunakan secara bebas dan gratis ini memiliki lisensi dari GNU GPL.

Ada beberapa database yang didukung oleh PHPMyAdmin yaitu MySQL, MariaDB, dan Drizzle. PHPMyAdmin merupakan aplikasi berbasis web, sehingga aplikasi ini dioperasikan melalui web browser, sehingga kamu tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi ini pada PC.

Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini antara lain mendukung pengoperasian MySQL seperti melihat, menghapus, atau menyalin database, mengeksekusi perintah SQL, memberikan bookmark terhadap SQL-Statement, impor dari CSV dan SQL, ekspor data ke berbagai format seperti CSV, SQL, XML, PDF, dan berbagai format lainnya.

Setiap aplikasi database memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, selama penggunanya mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya sehingga bisa menemukan aplikasi yang tepat, maka pengolahan data pun akan sesuai dengan harapannya. Secanggih apapun teknologi tetap bergantung pada penggunanya.

Sumber : 
https://www.berakal.com/aplikasi-database/
https://today.line.me/id/v2/article/7+Aplikasi+Database+Terbaik+Perusahaan-jM5Klr

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi

  PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . Contoh - contoh aplikasi pemograman web :  1. Notepad ++  Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode su

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010 Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu: Packard Bell iXtre 0i me 414    salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s