Langsung ke konten utama

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi


 Harga Terbaru Kursus Web Programming Yellowweb | YELLOWWEB.ID

PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB

Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program.

Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext.

Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi .

Contoh - contoh aplikasi pemograman web : 

1. Notepad ++ 

Notepad++ on Twitter: "To Hongkongers: Don't thank me for Notepad++  #StandWithHongKong Edition, thank yourselves. I spoke out for HK because  you stand up for yourselves. Keep fighting for your democracy and your

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Keunggulan Notepad++ Dalam Software Web Programming


1.   Simple, Ringan dan Cepat dibandingkan dengan text editor lainnya, notepad++ tidak perlu menunggu loading opening library, terlebih seperti pada software adobe dreamweaver dan eclipse apa lagi untuk PC / Laptop yang memiliki specification yang rendah.

2.     Bracket Matching atau bisa dibilang mengumpulkan yang sesuai (berpasangan),biasanya digunakan pada saat menuliskan syntax percabangan,perulangan dan bagian utama program. Fungsi ini berguna untuk kita jika menuliskan block program yang panjang dan terkadang kita lupa untuk menutup block program yang telah kita buat

3.      Syntax Highlighting tampilan source code,disini kita bisa melihat warna pada setiap fungsi dari syntax. Jadi kita tidak bingung menggolongkan kegunaan syntax yang kita tulis dan dapat dibaca dengan mudah. Contoh tulisan yang berwarna hijau biasanya terdapat pada statment jika kita menuliskan komentar pada sebuah program.

4.     Syntax Folding atau melipat source code, ini hampir sama seperti bracket matching sebelumnya. Jika bracket matching digunakan untuk menunjukan awal dan akhir suatu block program. Syntax Folding disini tidak jauh beda tetapi, digunakan untuk menyembunyikan block program tertentu agar terlihat lebih ringkas tampilannya agar programmer tidak perlu melihat seluruh syntaxnya apa lagi jika sudah sampai lebih 1000 baris lebih.

5.     Quick Color Picker++ fungsi ini berguna pada saat kita menuliskan kode warna pada html atau pun CSS tetapi tidak harus menuliskan kodenya terlebih jika kita lupa kode pada warna yang kita inginkan, biasanya akan muncul kotak dengan banyak aneka warna yang kita tinggal pilih,setelah memilih nanti kode warna tersebut akan muncul.

6.    FingerText, biasa digunakan untuk menuliskan bahasa PHP di notepad++,fungsi ini berfungsi  untuk memudahkan pengetikan syntax dengan kata tertentu sebagai pemicu/trigger dan menggantikannya dengan menekan tombol TAB. Contoh  kata g akan berubah menjadi $_GET.


2. Dreamweaver

Top features in Adobe Dreamweaver | Blog | Arctech Academy

Adobe Dreamweaver adalah program yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Software Dreamweaver dikeluarkan oleh Adobe System. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para programmer, desainer dan developer web dikarenakan kemudahan dalam penggunaanya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini.


Adobe Dreamweaver menyediakan fitur editor WYSIWYG (What You See is What You Get) atau dalam bahasa kesehariannya disebut Design View. Maksudnya adalah, tampilan hasil akhir web kita nanti akan sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web.


Dengan segala fitur yang ada pada Adobe Dreamweaver, membuat suatu web bukanlah hal yang sulit. Kita tidak perlu menguasai berbagai macam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya. Cukup mengetahui dasar dasarnya saja, karena didalam aplikasi ini sudah disediakan alat alat otomatis. 


Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan 3 macam tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View. Code View cocok untuk para programmer yang terbiasa dengan kode kode pemrograman web. Sedangkan Design View cocok untuk para Designer yang terbiasa dengan visual. Jika ingin menggunakan keduanya, bisa memilih Split View.

 

Fungsi Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver mempunyai berbagai macam kegunaan. Ini dia kegunaan Adobe Dreamweaver

  • Untuk mendesain situs web
  • Untuk membuat program berbasis web
  • Untuk membuat template blog
  • Untuk membuat situs web tanpa bersentuhan langsung dengan bahasa pemrograman


Sejarah  Adobe Dreamweaver

Dulunya, program ini bernama Macromedia Dreamweaver, dan dikelola oleh Macromedia. Versi pertamanya dirilis pada Desember 1997 dengan nama Macromedia Dreamweaver 1.0 untuk sistem operasi Mac. Kemudian pada Maret 1998, muncul versi pertama untuk sistem operasi windows yaitu Macromedia Dreamweaver 1.2 


Macromedia Dreamweaver terus berkembang sampai dengan tahun 2005 dengan versi terbarunya yaitu Macromedia Dreamweaver 8. Kemudian Dreamweaver diambil alih oleh Adobe System sehingga namanya berubah menjadi Adobe Dreamweaver. Pada 16 April 2007, Dreamweaver mengeluarkan versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS3.


Dengan hadirnya HTML5, Dreamweaver kembali merilis versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS5.5 . Sedangkan sekarang ini, versi terakhir Dreamweaver adalah Dreamweaver CC yang dirilis pada 21 April 2012.


Kelebihan Adobe Dreamweaver

Dreamweaver memiliki banyak kelebihan. Berikuti ini beberapa kelebihan dreamweaver atau keuntungan dreamweaver

Dapat membuat kerangka website dengan mudah dan cepat

Tersedia berbagai macam tema/template

Memiliki 3 tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View

Memiliki Fitur Preview/Live View

Kode yang dihasilkan ditulis secara rapi

Memiliki alat alat khusus untuk membuat program berbasis web

Mudah dioperasikan oleh pemula

Memiliki banyak plugin


Kekurangan Adobe Dreamweaver

Selain memiliki kelebihan, Dreamweaver juga memiliki kerugian. Berikut ini kekurangan dreamweaver

Harga software original-nya mahal


3.WordPress
Custom Header Image (Logo) For Sparkling WordPress Theme - YouTube
Pengertian WordPress
Apa itu WordPress? WordPress adalah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa. 

Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Yang menarik dari WordPress adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

WordPress Adalah CMS Paling Populer
Cara penggunaan yang mudah, fitur yang lengkap, dan tentunya gratis menjadikan WordPress sebagai pembuatan website favorit di seluruh dunia. CMS WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara CMS lainnya. 

WordPress adalah bukti bahwa software gratis tidak lantas menghasilkan website murahan dan kualitas rendah. Buktinya WordPress digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Beberapa di antaranya adalah SONY Music, Microsoft News Center, Bata, The Walt Disney Company, The New York Times Company, Mercedes-Benz, dan masih banyak lagi.

Pesohor-pesohor dunia pun juga menggunakan WordPress untuk membuat website pribadi mereka, seperti Katy Perry, Beyonce, Snoop Dogg, The Rolling Stone, dan Usain Bolt.  

Contoh-contoh di atas juga menunjukkan bahwa WordPress telah dipercaya untuk membuat website berkualitas tinggi di seluruh dunia. Mungkin Anda adalah pengguna WordPress selanjutnya. Di poin selanjutnya saya akan membahas tentang alasan-alasan WordPress adalah platform pembuatan website terbaik untuk Anda.

Mengapa Menggunakan WordPress?
Setelah memahami apa itu WordPress, saatnya Anda belajar kenapa perlu menggunakan WordPress. Ini dia alasannya:

1. Ramah untuk Pemula dan Ahli
Kelebihan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam. Anda tidak perlu menjadi ahli programming dan bisa membuat website profesional menggunakan WordPress.


2. Komunitas Besar
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

Para pengguna WordPress pun membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan ilmu terbaru tentang cara membuat website dengan WordPress dan optimasinya. Forum diskusi tersebut diadakan baik secara online maupun offline. Bagi Anda yang masih awam dengan website dan WordPress, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar dari forum-forum diskusi yang mengajarkan tutorial WordPress.

3. Tersedia Banyak Tutorial
Tidak hanya forum diskusi, Anda juga bisa belajar cara membuat website dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPress yang tersebar di internet. Anda bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, atau video tutorial.

4. Plugin Melimpah
Selain tutorial WordPress yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah. 

Anda ingin mengoptimasi SEO website? Ada plugin Yoast SEO.

Ingin menambahkan profil media sosial dan tombol share media sosial? Anda bisa menggunakan One Signal dan plugin media sosial wordpress terbaik lainnya.

WordPress menyediakan ribuan plugin untuk memudahkan Anda mengelola dan menambahkan fitur untuk website Anda. Kelebihan ini jarang ditemukan di platform lain. Selain itu, banyak plugin yang menyediakan versi gratis! Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk fitur-fitur terbaik WordPress.

5. Tema Beragam
Tidak hanya tutorial WordPress dan plugin yang banyak, tema WordPress pun jumlahnya tidak kalah berlimpah. Banyak pengembang yang merilis tema WordPress baik berbayar maupun gratis. Tema-tema WordPress gratis pun tidak kalah bagusnya dari tema-tema berbayar.

Kekurangan WordPress
  1. Keamanan. WordPress digunakan oleh lebih dari 30% website seluruh dunia, semakin banyak pengguna ancaman (hacker, DDOS) juga semakin meningkat. Akan tetapi Anda dapat mencegahnya dengan cara menginstal plugin untuk meningkatkan keamanan website WordPress Anda.
  2. Dukungan pihak ketiga. Anda dapat memilih banyak tema dan plugin untuk WordPress dari yang gratis maupun berbayar. Namun, perlu kehati-hatian untuk memilihnya untuk menghindari tema dan plugin yang memiliki bug. Pastikan plugin atau tema yang Anda pilih memiliki penilaian dan review yang baik.
  3. Kecepatan. Karena banyaknya plugin yang tersedia, terkadang orang memasang berbagai plugin tanpa memperhatikan dampaknya. Jadilah pengguna yang bijak, instal plugin yang dibutuhkan saja untuk menjaga performa WordPress. Ada baiknya Anda juga membaca artikel Cara Gunakan Google PageSpeed Insight untuk Optimasi Website.
Jenis WordPress
Sudah cukup yakin menggunakan WordPress untuk membuat website? Nah, selanjutnya ada satu hal lagi yang perlu Anda pahami, yaitu dua jenis WordPress: WordPress.com dan WordPress.org. Mengapa hal ini begitu penting? Sebab keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga website yang dihasilkan juga berbeda.

Secara sederhana, WordPress.com merupakan versi gratis dan WordPress.org versi “berbayar.” Loh katanya gratis? Software WordPress memang gratis. Biaya yang Anda keluarkan tersebut bukan untuk membeli software WordPress, melainkan untuk menyewa hosting dan domain.

Anda memang benar-benar tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk WordPress.com, tetapi dengan syarat dan ketentuan dari WordPress. There is no such a thing as free lunch. Apa saja konsekuensi menggunakan WordPress.com gratis?

Dari ekstensi domain default (www.websiteanda.wordpress.com), kapasitas disk space terbatas, pilihan tema terbatas, tidak bisa install plugin, tidak bisa membuat toko online, hingga tidak bisa memasang iklan.

Berbeda dengan WordPress.org yang memberikan Anda kebebasan modifikasi lebih banyak dibandingkan WordPress.com. Anda bisa memasang plugin, pilihan tema berlimpah, bisa membuat toko online, dan bisa menghasilkan uang melalui iklan AdSense.


Manfaat WordPress
Di awal kemunculannya, WordPress memang lebih dikenal sebagai platform pembuatan blog saja. Namun, dalam perkembangannya WordPress semakin canggih. Website apa saja yang bisa Anda buat menggunakan WordPress? Berikut penjelasannya:

1. Blog dan Website Pribadi
Ya, Anda bisa membuat blog menggunakan WordPress, baik WordPress.com atau WordPress.org. Tentu dengan konsekuensi seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa menggunakan WordPress.com terlebih dahulu untuk melakukan percobaan. Apabila Anda sudah cukup familiar dengan cara menggunakannya dan mulai membutuhkan lebih banyak fitur, Anda bisa melakukan migrasi ke WordPress.org.


2. Website Perusahaan
Selain blog, Anda juga bisa membuat website perusahaan menggunakan WordPress. Website berguna untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda di dunia maya. Hal ini berlaku baik untuk perusahaan yang transaksinya dilakukan secara online maupun offline.

Menurut laporan Verisign 84 persen konsumen lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang memiliki laman media sosial saja. Dengan memiliki website Anda bisa membuat konsumen lebih percaya kepada perusahaan Anda dibandingkan perusahaan lain di bisnis yang sama.

3. Website Toko Online
Di poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa WordPress.com tidak bisa digunakan untuk membuat toko online. Supaya bisa membuat toko online, Anda harus menggunakan WordPress.org. Setelah itu Anda bisa memasang plugin WooCommerce untuk membuat website toko online.

WooCommerce memungkinkan Anda untuk membuat website toko online lengkap, dari display produk sampai pembayaran. WooCommerce telah diunduh 53 juta kali dan menjadi plugin toko online paling populer di dunia. Di laman resminya, WooCommerce mengklaim 28 persen toko online di dunia dibuat menggunakan WooCommerce.

Sumber :
https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-wordpress/
https://www.burung-net.com/2015/03/pengertian-dan-fungsi-adobe-dreamweaver.html
http://blog.ub.ac.id/sadewairfan/aplikasi-komputer/pengertian-dan-sejarah-notepad/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010 Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu: Packard Bell iXtre 0i me 414    salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s