Langsung ke konten utama

Desain Grafis : Pengertian,fungsi,contoh aplikasi

 Belajar Desain Grafis Mudah dan Cepat untuk Pemula - Uprint.id

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah adalah kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan teks, justru cenderung lebih banyak menggunakan unsur visual. Desain grafis adalah suatu proses (kata kerja) sekaligus hasil dari proses itu sendiri (kata benda).

Desain grafis bermula dari berbagai produk statis noncetak seperti poster, borsur, majalah, dsb. Namun seiring perkembangan zaman, media non cetak juga menjadi media yang digelutinya. Seiring perkembangan zaman juga pengertian desain grafis semakin meluas dan sering digantikan oleh istilah lain yang lebih umum seperti: Grafis Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual.

Mengeksplorasi tujuan dan fungsi dari desain grafis juga dapat membawa pemahaman kita terhadap pengertian desain grafis dengan lebih baik. Desain grafis identik dengan penggunaan perangkat lunak pengolah grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Photoshop. Namun sebetulnya berbagai aplikasi itu hanyalah alat yang digunakan dalam melakukan proses perancangan.


Fungsi Desain Grafis 

Banyak Maanfaat dari desain grafis dalam kehidupan sehari-hari. secara umum desain grafis dapat dimanfaatkan untuk :

a. Produksi media informasi dan komunikasi 

b. produksi media promosi 

c. Apresiasi media promosi 

d. hobi berkreasi

e. menambah nilai estetika 

Contoh-Contoh Desain Grafis :

1. Adobe photoshop

Adobe Releases New Photoshop Logo as Part of 'Evolving Brand Identity'

Pengertian Adobe Photoshop


Pengertian Adobe PhotoshopAdobe Photoshop atau biasanya di sebut sebagai Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek.

Phostoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) sebagai perangkat lunak pengolah gambar atau foto dan bersama Adobe Acrobat, photoshop juga merupakan produk produksi terbaik dari Adobe Systems.

Photoshop CS (Creative Suite) merupakan Versi kedelapan dari Adobe Photoshop, Adobe Photoshop CS2 merupakan versi kesembilan , Adobe Photoshop CS3 merupakan versi sepuluh ,  Adobe Photoshop CS4 adalah versi kesebelas , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , versi (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6, dan Versi yang terakhir adalah versi(keempatbelas) Adobe Photoshop CS7 dan lanjut ke versi seterusnya.


adobe photoshop


Jadi, Apa Itu Photoshop?  Photoshop merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak  untuk editor foto atau gambar yang di keluarkan Adobe Systems  dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak yang satu ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa  fitur unggulan yang dapat bekerja secara maksimal, dan juga dapat mensuport beberapa file, sehingga bagi  seorang desain grafis hal ini merupakan salah satu syarat yang wajib ada untuk masuk ke dunia desain grafis, karena photoshop dengan segala fasilitasnya sangat cocok bagi seorang desain grafis.

Photoshop dikhususkan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit gambar dalam format BITMAP. Foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP oleh karena itu Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer.

Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik jika di bandingkan dengan perangkat lunak lain sejenisnya. Dapat di katakan juga hampir tidak ada tandingannya. Format File Photoshop mampu untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain.

Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

  • PSB adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB.
  • PSD (Photoshop Document) adalah format yang digunakan untuk menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, blend mode, mask, opacity, clipping paths, channel warna, channel alpha, dan setting duotone.
  • PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur software PhotshopDeluxe.

Tool yang ada pada photoshop merupakan alat yang dapat membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memiliki serkitar 59 tool yang dapat digunakan oleh pengguna. Tool- tool ini terdiri dari berbagai macam tool dengan kegunaan yang spesifik.

Beberapa tool – tool yang terdapat pada Photoshop antara lain : Move Tool, Audio Annotation Tool,History Brush Tool, Eraser Tool, Path Selection Tool, Pen Tool, Shape Tool, Brush Tool, Eyedropper Tool, Direct Selection Tool,Measure Tool, Text Tool, Hand Tool, 3D Object Rotate Tool, 3D Rotate Camera Tool


2. Corel Draw

Lengkap] Pengertian Corel Draw, Sejarah, Fungsi dan Keunggulan -

Pengertian Corel Draw

Pengertian Corel Draw adalah sebuah program komputer editor grafik vektor yang berfungsi untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Corel Draw (ditulis:CorelDraw) merupakan software yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada. 


Fungsi Corel Draw

Corel Draw menawarkan beragam keunggulan kepada penggunanya. Sebagai program yang banyak digunakan untuk proses visualisasi.

Corel Draw dapat menghasilkan gambar dengan kualitas baik dan tidak kalah dengan bitmap meskipun berbasis vektor. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari coreldraw;


1. Membuat Desain Logo

Sebuah perusahaan, website, toko ataupun lembaga membutuhkan logo sebagai lambang identitas kebanggaannya. Para desainer grafis biasanya menggunakan Corel untuk membuat hal tersebut.


2. Membuat Desain Brosur, Poster dan Undangan 

Membuat brosur atau undangan lebih menarik jika tampilannya gak flat. Dengan coreldraw kamu bisa membuat desain lebih menarik, apalagi dengan banyaknya pilihan font yang bisa dikombinasikan dengan gambar dan beragam warna.


3. Membuat Desain Sampul Buku

Sebuah buku akan terlihat menarik jika covernya juga menarik. Corel banyak digunakan untuk membuat sampul buku, mulai dari cover yang bergaya desain sederhana sampai rumit.


4. Membuat Ilustrasi

Corel juga biasa digunakan untuk membuat ilustrasi, misalnya ilustrasi serigala yang tengah mengaum di tengah bulan purnama dan sebagainya.


5. Membuat Kartun

Kamu bisa berkreasi dengan garis dan lengkungan untuk menciptakan tokoh imajinatif seperti dalam dunia perkartunan. Kamu bisa membuat gambar kartun yang dirangkai dengan plot cerita, sehingga nanti menjadi sebuah komik yang dapat dinikmati para pembaca.


3. Auto CAD

AutoCAD Logo | evolution history and meaning

Pengertian AutoCAD 

adalah software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik itu 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided Design yang berarti "design dengan bantuan komputer". Secara keseluruhan software ini digunakan untuk menggambar Mechanical drawing, Civil Drawing, Isometric Drawing, dan gambar teknik lainnya.

AutoCAD dikelola dan dikembangkan oleh Autodesk.Inc, merupakan sebuah perusahaan multinasional yang mengeluarkan banyak software yang sangat berguna seperti 3Ds Max, Inventors dan beberapa software terkenal lainnya.

AutoCAD paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design interior, pemetaan, piping diagram dan masih banyak lagi. Secara garis besar, AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para designer lainnya. Diusung dengan interface yang ringan serta pengoperasian yang mudah, menjadikan AutoCAD sebagai software CAD paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Fungsi AutoCad

Aplikasi AutoCAD sekarang ini hanya dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft. Sebelumnya memang untuk sistem operasi Machintos dan Linux sempat bisa digunakan untuk menjalankan program AutoCAD. Tapi fungsi software AutoCAD hanya ini berlangsung pada sekitar tahun 1980-an hingga 1990-an.

Sayangnya fitur itu tidak lagi diteruskan AutoDesk sebagai pengembangnya. Berbagai versi dikembangkan AutoDesk sebagai perbaikan yang kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan. Berbagai pengembangan ini semakin mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan segala macam fitur menarik.

CAD adalah kependekan dari Computer-aided drafting and design program. Sehingga aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Sehingga dengan mengaplikasikan AutoCAD, maka bisa menghasilkan gambar dengan ketepatan tinggi, mudah dan hemat waktu. Karena berbagai fitur dan tool yang dihadirkan sangat mudah digunakan. Sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menguasainya.


4. Inkscape

Tutorial : Creating Vintage Logos Using Inkscape Software — Steemit

Pengertian Inkscape

Inkscape sendiri adalah software atau perangkat lunak yang di gunakan untuk mengedit atau pengolah gambar vector yang mempunyai sifat perangkat lunak bebas atau open source (gratis) di bawah lisensi gnu gpl.

Tujuan dari software ini pengolah perangkat grafik yang memenuhi stkamur XML, SVG dan CSS. Inkscape ini dia menggunakan sistem operasi berupaCross-Platform dan bisa di jalan pada sistem Mac OS X.

Biasanya di bawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang di gunakan dapat di kompilkasikan untuk beroperasi secara langsung di bawah Quartz), sistem operasi berbasis Linux, dan Microsoft Windows.

Inkscape bersifat multi bahasa, pertama untuk antarmuka dan script yang sulit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar Editor grafik vektor.

Pada dasarnya, Inkscape sama dengan software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya. Perbedaanya ada pada penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi stkamur XML W3C.


Fungsi Inkscape

Inkscape bisa digunakan untuk menggambar dan juga mendesain gambar secara digital sehingga mampu mempermudah pekerjaan Anda sebagai desainer grafis.

Secara umum software ini bisa digunakan untuk :

1.) Membuat desain logo.

2.) Membuat gambar vektor.

3.) Edit gambar dengan ekstensi SVG

4.) Membuat kartun.

5.) Membuat teks vektor.

6.) Membuat lukisan kompleks.


Sumber : 

https://4winmobile.com/inkscape/

http://ilmucad123.blogspot.com/2015/06/pengertian-autocad.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi

  PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . Contoh - contoh aplikasi pemograman web :  1. Notepad ++  Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode su

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010 Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu: Packard Bell iXtre 0i me 414    salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s