Langsung ke konten utama

Pentingnya Big Data dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Big Data adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka.

Big Data masih terbilang baru dan sering disebut sebagai tindakan pengumpulan dan penyimpanan informasi yang besar untuk analisis.


Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah bisa melihat sebuah big data yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menganalisis data tersebut. Berikut ini adalah contoh pemanfaatan big data yang bisa digunakan dalam berbagai bidang :


1. Perusahaan ritel dapat menggunakan informasi dari social media seperti Facebook, Twitter, Google+ untuk menganalisis bagaimana perilaku, persepsi pelanggan terhadap suatu produk atau brand dari perusahan.


2. Perusahan manufaktur dapat memantau kondisi peralatan setiap saat (real-time), sehingga dapat memperkirakan waktu terbaik untuk mengganti peralatan. Karena mengganti terlalu cepat akan merugikan/buang-buang uang atau kalau terlambat akan menyebabkan produksi terganggu karena kerusakan peralatan.


3. Perusahaan manufaktur juga bisa memantau produk yang baru launching melalui social sedia untuk mengetahui apakah ada isu after-sales sehingga dapat mencegah kegagalan garansi yang menyebabkan publikasi besar yang dapat merusak citra produk dan perusahaan.


4. Perusahaan periklanan dapat menggunakan informasi dari social media untuk mengetahui tanggapan terhadap promosi/iklan yang baru diluncurkan.


5. Rumah sakit dapat merekam catatan medis pasien sehingga big data tersebut bisa digunakan untuk menganalisis kecenderungan sakit pasien


6. Pemerintahan dapat menggunakan informasi dari social media untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah.


7. Jasa Keuangan dapat menggunakan analisis big data untuk melihat aplikasi asuransi yang dapat segera diproses, dan mana yang perlu divalidasi dengan dilakukan kunjungan oleh agen asuransi.


8. Jasa Perbankan dapat menggunakan rekaman transaksi nasabah untuk mengetahui kemungkinan adanya kegiatan kejahatan seperti pencucian uang, atau juga untuk merekam catatan kebiasaan karyawan dalam rangka mendeteksi kemungkinan fraud.


9. Tim olahraga dapat menggunakan big data untuk tracking penjualan tiket, mengetahui kondisi pemain dan probabilitas akan mengalami cedera dan bahkan strategi bermain dari tim.


Di Indonesia, kemampuan dari Big Data dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal diantaranya :


1. Pemanfaatan dalam bidang Pertanian


Pada bagian pertanian ini, peneliti bisa mengambil sebuah data mulai dari kondisi tanah, cuaca, memperhatikan pertumbuhan sebuah tanaman dalam jangka waktu tertentu. Data tersebut nantinya akan dikumpulkan dan dianalisis. Hal ini tentunya akan membantu para petani untuk menentukan kondisi seperti apa yang akan membuat tanaman menjadi lebih subur dan menghasilkan hasil yang lebih baik.


2. Pemanfaatan dalam bidang Perpajakan


Penggunaannya pada bidang perpajakan di Indonesia ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan. Pada sistem pajak online, data yang didapat terbilang sangat detail. Data tersebut kemudian divisualisasikan seperti silsilah keluarga, jenis dan barang kekayaan apa saja yang dimiliki, serta jenis pajak dan status apakah sudah melakukan pembayaran atau belum dari setiap orang yang memiliki wajib pajak di Indonesia.


Dengan data-data tersebutlah pemerintah bisa memanfaatkan untuk mengoptimalisasi pendapatan negara dengan pajak.


3. Pemanfaatan dalam bidang Kesehatan


Pada bidang kesehatan, data-data yang ada dari setiap pasien yang sakit mulai dari klinik, puskesmas sampai rumah sakit akan dikumpulkan, diolah dan akan dianalisis. Dengan begitu, semua informasi kesehatan penduduk Indonesia akan menjadi terpusat.Hal ini akan memudahkan pemerintah untuk dapat melihat tingkat kesehatan seluruh penduduk Indonesia juga pemerintah dapat melakukan prediksi terhadap penyakit yang ada di Indonesia.

Kesimpulan

Big data merupakan sebuah volume data yang sangat besar dan merupakan yang memiliki informasi yang sangat lengkap dan terperinci. Dengan adanya data tersebut, baik perusahaan, pemerintah, ataupun sebuah organisasi akan mendapat sebuah data yang nantinya bisa diolah dan digunakan untuk analisis dimana hasil analisis tersebut akan digunakan untuk membuat sebuah prediksi kan berbagai hal yang dibutuhkan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi

  PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . Contoh - contoh aplikasi pemograman web :  1. Notepad ++  Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode su

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010 Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu: Packard Bell iXtre 0i me 414    salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s