Langsung ke konten utama

Perkembangan Teknologi di tahun 2019


Perkembangan Teknologi Paling Hebat di Tahun 2019 | Neewslive | Berbagi  Cerita dan Informasi

Teknologi kini berkembang dengan sangat cepat dan dapat memungkinkan adanya perubahan dan kemajun yang lebih cepat. Agar dapat bersaing di dunia bisnis, kita harus memahami apa saja tren teknologi di tahun 2019 dan apa yang dimaksud dengan masing-masing tren tersebut.


Mari kita simak 7 Tren Teknologi di tahun 2019 berikut ini.


Artificial Intelligence (AI)

Pada beberapa tahun terakhir ini, AI memang sudah menjadi tren IT yang tidak asing lagi. Artificial Intelligence, atau AI, mengacu pada sistem komputer yang dibangun untuk meniru kecerdasan manusia dan melakukan tugas-tugas seperti recognition of images, speech or patterns dan decision making.

AI diketahui dapat melakukan tugas-tugas ini lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia.


Machine Learning

5 Types of Machine Learning Algorithms You Should Know | Hacker Noon

Machine Learning adalah bagian dari AI. Dengan Machine Learning, komputer diprogram untuk belajar melakukan sesuatu yang tidak diprogram: Machine learning benar-benar belajar dengan menemukan pola dan wawasan dari data.

Aplikasi Machine Learning itu sendiri digunakan untuk data analytics, data mining, dan pattern recognition. Pada bagian konsumen, Machine Learning memberdayakan hasil pencarian web, real-time ads dan network intrusion detection.


Robotic Process Automation or RPA

Robotic Process Automation (RPA) - Introduction, Works, Advantages and  Applications

Seperti AI dan Machine Learning, tren Robotic Process Automation atau RPA, adalah teknologi lain yang mengotomatisasi pekerjaan. RPA adalah penggunaan software untuk mengotomatisasi proses bisnis seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, berurusan dengan data, dan bahkan membalas email.


Blockchain

Meskipun kebanyakan orang berpikir tentang teknologi Blockchain berkaitan dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, namun blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya.

Keamanan yang ditawarkan oleh blockchain terbilang tinggi. Hal tersebut mengapa blockchain digunakan untuk cryptocurrency, dan mengapa blockchain dapat memainkan peran penting dalam melindungi informasi seperti data medis pribadi.


Virtual Reality and Augmented Reality

Difference Between Virtual Reality and Augmented Reality

Virtual Reality (VR) dikenal sebagai teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, sementara Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu yang nyata.

Meskipun sejauh ini VR terutama telah digunakan untuk industri gaming, namun VR telah digunakan juga untuk pelatihan. Pelatihan tersebut meliputi VirtualShip, simulation software used yang digunakan untuk melatih kapten Angkatan Laut AS, Angkatan Darat dan Coast Guard ship captains.

Sedangkan untuk Pokemon Go yang sudah populer akhir-akhir ini adalah salah satu contoh dari AR. VR maupun AR memiliki potensi besar dalam segi pelatihan, hiburan, pendidikan, dan hal-hal lainnya.

Ada beberapa pemimpin pasar VR yang diketahui saat ini, seperti Google, Samsung, dan Oculus.


Cyber Security

What's the real Problem with COVID-19 and Cyber Security? | Yokogawa  Industry Blog Oil & Gas

Cyber security juga diketahui sebagai salah satu tren teknologi di tahun 2019 nanti. Cyber security dikenal sebagai keamanan informasi yang diaplikaskan pada komputer dan jaringan. Hal ini bertujuan untuk membantu user dalam mencegah adanya penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem berbasis informasi.


Dosen pengampu : Vito Triantori, M.KOM


Sumber :

https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/5e9a4c3a63f7e/10-tren-teknologi-2020-kecerdasan-buatan-dan-5g-berkembang-pesat

https://phintraco.com/7-tren-teknologi-di-tahun-2019/

https://merahputih.com/post/read/inilah-5-tren-teknologi-tahun-2018-nomor-4-mungkin-kamu-belum-tahu

https://apkomindo.info/tren-teknologi-informasi-di-tahun-2017/

https://pakarkomunikasi.com/peralatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150101072156-185-21757/teknologi-yang-mengubah-hidup-di-tahun-2015

https://www.pcplus.co.id/2014/12/teknologi-keren-yang-hadir-sepanjang-2014/

http://mxkomputerjogja.com/tren-teknologi-2013/

https://marketeers.com/lima-tren-teknologi-tahun-2012/

https://tsaninisablog.wordpress.com/2017/02/20/perkembangan-teknologi-komputer-sejak-tahun-2010-sampai-sekarang/

https://sabilabella.wordpress.com/2017/02/18/perkembangan-teknologi-komputer-tahun-2010/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Web Programming : Pengertian,fungsi,Contoh Aplikasi

  PENGERTIAN PEMROGRAMAN WEB Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program. Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW . WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . Contoh - contoh aplikasi pemograman web :  1. Notepad ++  Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode su

Perkembangan Teknologi Komputer Tahun 2010

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang secara pesat, termasuk kemajuan teknologi di bidang komputer. saat ini komputer semakin canggih dan berkualitas mulai dari bentuk yang lebih fleksibel dan mewah. Dalam post kali ini saya akan membahas perkembangan teknologi komputer dari tahun 2010 sampai saat ini. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010 Beberapa teknologi komputer yang rilis pada tahun 2010, yaitu: Packard Bell iXtre 0i me 414    salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar

kegunaan Internet Of Thing (IOT) dalam kehidupan sehari-hari

  Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. 1. Smart Garage Door Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui s